Di dalam buku ini dujelaskan secara komprehensif bagaimana pembelajaran kreatif berbasis sains itu dilaksanakan, mulaidari tahap metode hingga praktik pelaksanaannya, semisal model pembelajaran problem based learning, model pembelajaran inkuiri, model pembelajaran eksperimen, atau model pembelajaran kontekstual dan masih banyak lagi yanglainnya. Model desain pembelajaran yang tersaji dalam buku…
Sebagai sebuah inovasi di bidang pendidikan, problem based learning mulai hangat dibicarakan dan mulai diterapkan di berbagai lembaga pendidikan, formal maupun informal. Buku ini mencoba menyajikan segala sesuatu yang berkaitan dengan problem based learning, baik dalam tataran teori maupun pengaplikasiannya di lapangan.rnrnEmpat bab awal merupakan pengantar kepada pelaksanaan PBL dengan mengaja…
Pendidikan masih saja menjadi barang mahal di tanah saudara-saudara kita yang jauh dari pusat. Bangunan yang hampir roboh, fasilitas yang kurang memadai, jarak yang jauh dan terjal, kurangnya tenaga pengajar dan masalah-masalah lain masih saja terjadi. Lalu bagimana ceritanya kalau anak-anak muda, generasi penerus bangsa ini tergerak hatinya. Mereka adalah 51 Pengajar Muda yang terpilih dari 13…
Efektivitas pendidikan sangat tergantung dari proses pembelajaran dan instruksi yang dijalankan dalam lembaga pendidikan. Karena itu, para pendidik dan praktisi pendidikan harus terus-menerus berupaya mencari cara untuk membuat instruksi pendidikan lebih efektif.rnBagaimana cara membuat instruksi pendidikan itu lebih efektif?rnBuku ini menjawab dengan gamblang pertanyaan tersebut. Pertama-tama,…
Buku ini menerangkan tentang pengertian pembelajaran motorik, unsur-unsur pokok pembelajaran motorik di sekolah, aplikasi pengaturan latihan dalam pembelajaran motorik, aplikasi teori umpan balik (feecback) dan beberapa aplikasi lainnya. Disertai dengan contoh-contoh konkret, buku ini siap memandu anda agar semakin mudah memahami dan menerapkan teori pembelajaran motorik bagi siswa di sekolah.
Edisi keenam buku ini mempertajam pemahaman teori dan aplikasinya mengenai pemelajaran dan pembelajaran (learning and instruction) dalam dunia pendidikan. Ia juga membahas dengan perinci dan komprehensif tentang otak manusia; prisnip-prinsip belajar; perspektif kognitif; teori perkembangan kognitif Jean Paget; teori perkembangan psikologi kultural-historis Lev S. Vygotsky; teori konteks sosial …
Sesuai dengan amanat kurikulum berbasis kompetensi ( KBK ) yang telah di implementasikan melalui kurikulum tingkat satuan pendidikan ( KTSP ), bahwa guru sebagai agen pembelajar harus mampu menyajikan proses pembelajaran secara kontekstual sebaik apapun substansi materi ajar, tetapi jika guru tidak mampu mengemas secara apik dalam penyampaiannya, maka substansi tersebut tidak akan mempu mengema…
Buku ini memaparkan dengan jelas dan detail beberapa aspek yang berkenaan dengan strategi pembelajaran yang inovatif dan kontemporer. Kelebihan buku ini, selain materinya yang komprehensif, penyajiannya sangat sistematis dan sederhana, yang pembahasannya dimulai dari hal-hal yang bersifat konseptual sampai pada yang bersifat opreasional, sehingga memudahkan pembaca dalam mempelajarinya.
Buku ini merekam rahasia-rahasia prestasi puncak manusia di era pergantian milenium. Bagian pertama ini menyajikan riset mencengangkan mengenai potensi otak manusia. Ditulis berdasarkan penelitian doktoral Jeannette Vos dan rekaman berbagai terobosan pembelajaran Gordon Dryden - buku ini menyingkapkan rahasia-rahasia pembelajaran dan pengajaran terbaik dari seluruh penjuru dunia. rnrnrn
Hypnoteaching merupakan salah satu metode yang menarik dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Metode yang memakai sugesti-sugesti positif untuk mencapai alam bawah sadar anak didik ini dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sekaligus menarik sehingga menambah kegairahan anak didik untuk belajar. Dengan kondisi yang menyenangkan, anak didik pun akan lebih mudah menerim…
Berdasarkan pengalamannya di dunia pendidikan dengan berbagai metode pendidikan, kedua penulis menunjukkan bagaimana proses pengajaran berkualitas, yaitu bukan sebesar apa kecerdasanmu, melainkan bagaimana kau menjadi cerdas. Dengan gaya ringan, praktis dan menarik, Munif Chatib sang 'gurunya manusia' dan Alamsyah Said memberikan tips and tricks bagaimana: menjadi sekolah the best output, prose…
Buku ini mengajak guru dan orangtua menjadikan sekolah sebagai ajang memperoleh pengalaman menarik bagi siswa. Sekolah tiba-tiba berubah menjadi rumah yang menyenangkan untuk mengetahui rahasia ilmu pengetahuan. Setiap sudut kelas menjadi hidup, setiap materi berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Mengubah suasana belajar yang kaku menjadi ceria, unik, penuh tantangan yang dinamis dan…
Buku ini berisi sejumlah gagasan yang dihasilkan dari diskusi dengan para guru dari Amerika Serikat dan Kanada. Pengalaman para guru diuji dan dirumuskan menjadi sebuah modul pembelajaran. Setelah matang menjadi sebuah naskah, kemudian dijadikan bahan praktik pembelajaran, dan beberapa tahun selanjutnya diyakini banyak guru berhasil menjadikannya sebuah pola praktis untuk modul bimbingan. Terba…
Isi : Perencanan : perencanaan proses pembelajaran, pengertian, perencanaan, aspek perencanaan proses perencanaan, jenis perencanaan, perencanaan dan efektifitas pengajaran, pengembangan, pengalaman belajar, analisa pengembangan isi. Pembelajaran: pengertian, implikasi perencanaan pembelajaran, karakteristik model pembelajaran, media pembelajaran, analisis dan pengembangan isi, model-model pemb…
Proses belajar dan mengajar adalah hal yang amat penting artinya dalam metode pengajaran di sekolah. Dapat dikatakan bahwa proses tersebut menempati posisi penting dalam usaha mensukseskan kegiatan pengajaran dan pendidikan pada umumnya.rnDalam buku ini diuraikan berbagai pendekatan yang dapat ditempuh dalam proses belajar dan mengajar. Antara lain dibicarakan dalam buku ini tentang Belajar Tun…
Strategi belajar-mengajar (SBM) merupakan keseluruhan prosedur yang ditempuh oleh guru dan siswa yang memungkinkan atau memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan belajar dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Strategi apa yang dipilih dan digunakan, pada hakikatnya bergantung pada kemampuan guru sendiri, yang ditandai oleh tingkat pengetahuan, keterampilan, sikap dan pengalamanny…
Inti proses pendidikan adalah pembelajaran. Dan, inilah aktivitas rutin yang dilakukan guru sehari-hari. Agar program yang mereka lakukan lebih terarah mereka mesti tahu kurikulum yang dirilis pemerintah. Informasi dari kurikulum itulah sebagai bahan mereka untuk menyusun silabus dan rencana pembelajaran. Dalam buku ini semua aktivitas teknik menyangkut pembelajaran disajikan secara baik. Tidak…
Daftar Isi :rn- Mengajar dengan Sukses : Maknanyarn- Masalah Mengajar sebagai Organisasirn- Pengontrolan Belajar dengan Penuh Maknarn- Orientasinya : Titik Berat Khususrn- Prinsip Hubungan dan Organisasi Pelajaranrn- Prinsip Hubungan dan Penilaian Cara Mengajarrn- Prinsip Fokus dan Organisasi Pengajaranrn- Prinsip Fokus dan Penilaian Pengajaranrn- Prinsip Sosialisasi dan Organisasi Pelajaranrn-…
Daftar Isi :rn- Pemahaman Awal Melalui Interaksi Edukatifrn- Konsep Belajar dan Mengajarrn- Tujuan Pendidikan dan Pengajaran Sebagai Dasar Motivasirn- Motivasi dan Aktivitas dalam Belajarrn- Hakikat Anak Didikrn- Kedudukan Gururn- Pengelolaan Interaksi Belajar-Mengajar