Buku ini disusun dengan harapan pembelajaran pendidikan agama Islam tidak berjalan cognitive oriented tetapi juga mencakup ranah afektif sekaligus psikomotorik yang pada gilirannya dapat menciptakan mahasiswa yang cerdas secara intelektual dan juga cerdas secara spiritual. Di dalam buku ini dikembangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yagn didasari dengan nilai-nilai pendidikan karakter…
Buku ini mengajak guru dan orangtua menjadikan sekolah sebagai ajang memperoleh pengalaman menarik bagi siswa. Sekolah tiba-tiba berubah menjadi rumah yang menyenangkan untuk mengetahui rahasia ilmu pengetahuan. Setiap sudut kelas menjadi hidup, setiap materi berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Mengubah suasana belajar yang kaku menjadi ceria, unik, penuh tantangan yang dinamis dan…
Buku ini menguraikan substansi pendidikan karakter yang akan menumbuhkan kecerdasan emosi siswa, meliputikemampuan mengembangkan potensi diri dan melakukan hubungan sosial dengan manusia lain. Karakter yagn berkualitas, perlu dibentuk dan dibina sejak bangku sekolah, karena sistem pendidikan yang berhasil adalah pendidikan yang dapat membentuk manusia berkarakter yang diperlukan dalam mewujudka…
Pendidikan karakter sebagai pembiasaan dan pembentukan kebiasaan dan karakter positif, akan lebih efektif apabila diterapkan sejak kanak-kanak. Dalam implementasinya, diperlukan berbagai strategi dan metode agar mencapai keberhasilan yang diharapkan.
Kemdikbudristek menggulirkan berbagai kebijakan dan program peningkatan mutu pendidikan yang muaranya bertujuan untuk melahirkan karakter pelajar Pancasila(is). Hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional khususnya pada fungsi dan tujuan pendidikan nasional. Inti dari pelajar Pancasila(is) adalah sosok pelajar yang mengetahui, memahami, da…