Buku Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik membahas secara komprehensif gagasan pembelajaran kooperatif (cooperative learning), mulai dari landasan teoritis, hasil-hasil penelitian hingga pedoman praktik penerapannya di kelas. Buku ini menguraikan syarat-syarat agar pembelajaran kooperatif berjalan efektif, seperti struktur tugas yang jelas, tanggung jawab individu dalam kelompok, inte…
Kemampuan mempelajari berbagai hal di sekelilingnya sudah dimiliki manusia sejak lahir. Seiring perjalanan waktu. berbagai hal yang ingin diketahui pun semakin meningkat. Maka, pada satu titik tertentu, kemampuan belajar ini harus didukung oleh proses belajar mengajar yang efektif, sehingga apa yang dipelajari dapat diserap dan diimplementasikan dalam kehidupan individu. Buku ini menyajikan b…
Buku ini membahas pendekatan saintifik sebagai inti dari implementasi Kurikulum 2013 di Indonesia. Isinya mencakup lima aktivitas belajar saintifik: mengamati, bertanya, melakukan percobaan atau mencari informasi, menalar (asosiasi), dan mengomunikasikan hasil investigasi. Selain teori, buku ini menyajikan model, strategi dan metode pembelajaran seperti discovery learning, problem based learnin…
Buku ini membahas ragam strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan Standar Proses Pendidikan yang berlaku di Indonesia, termasuk strategi ekspositori, inkuiri, berbasis masalah, kooperatif, dan kontekstual. Buku menyajikan teori, prinsip, serta contoh aplikasi strategi pembelajaran untuk membantu guru dalam memilih dan menerapkan strategi yang sesuai.
Buku ini menghadirkan pemaparan komprehensif perencanaan dan desain pembelajaran balk ditinjau dari model-modelnya maupun pengembangan tiap komponen. Pada bagian awal pembahasan difokuskan kepada tentang konsep yang berkaitan dengan perencanaan dan desain pembelajaran termasuk model Desain Sistem Instruksional berorientasi Pencapaian Kompetensi (DSIPK) untuk mendukung keberhasilan KTSP. Pada …
Buku ini merupakan seri ke-2 kisah praktik baik Program Sekolah Penggerak (PSP) setelah penerbitan seri ke-1 berjudul Cahaya di Ufuk Timur, Perjalanan Transformasi Program Sekolah Penggerak Angkatan Kesatu Tahun Pertama. Buku pertama menyoroti kisah inspiratif dan praktik baik para kepala satuan pendidikan pelaksana PSP dalam melakukan transformasi pembelajaran. Ber- cerita panjang lebar…
Given memaparkan adanya sistem pembelajaran alamiah otak yang melibatkan 5 komponen penting ketika otak belajar: otak emosional yang dapat membangkitkan hasrat belajar, otak sosial yang berperan membangun visi untuk melihat apa yang mungkin, otak kognitif yang menumbuhkan niat untuk mengembangkan pengetahuan dan kecakapan, otak kinestetis/taktil yang mendorong tindakan untuk mengubah mimpi menj…
Perangkat pembelajaran baru diperlukan agar anda bisa tetap kompetitif dalam tatanan ekonomi baru, di mana kecepatan berpikir kreatif dan inovatif sangat ditekankan. Buku ini memberikan kerangka pembelajaran dan menunjukkan bagaimana menggunakan berbagai prasarana untuk membantu belajar dan berpikir kreatif.
Buku ini menyajikan beberapa kiat dalam membelajarkan siswa atau langkah-langkah dalam memacukan prestasi siswa di sekolah-sekolah. Memacu prestasi merupakan tagihan kepada guru dan orang tua yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Orang tua tidak bisa berharap penuh kepada guru dalam memacu prestasi anak-anak di sekolha, akan tetapi pendidikan anak-anak terlaksana dengan baik adalah berkat kerjasa…
Banyak pakar pendidikan mengatakan bahwa belajar dikelas adalah memenjarakan pikiran para peserta didik, akan tetapi jika kelas-kelas kita rancang secara kondusif dan mempertinbangkan unsur psikologis peserta didik, maka kelas tersebut akan menjadi tempat yang menyenangkan. Banyak keuntungan yang dapat dipetik dalam membelajarkan peserta didik di kelas. Buku ini menuntun anda dapat mengelola ke…
Buku ini dibuka dengan uraian mengenai otak yang menakjubkan. Bab beriktunya menjelaskan pentingnya memberikan makanan bergizi kepada otak dan kaitan otak dengan gerakan. Bab terakhir membahas sifat otak kita yang suka tantangan dan bagaimana pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan otak.
Buku ini menerangkan tentang pengertian pembelajaran motorik, unsur-unsur pokok pembelajaran motorik di sekolah, aplikasi pengaturan latihan dalam pembelajaran motorik, aplikasi teori umpan balik (feecback) dan beberapa aplikasi lainnya. Disertai dengan contoh-contoh konkret, buku ini siap memandu anda agar semakin mudah memahami dan menerapkan teori pembelajaran motorik bagi siswa di sekolah.
Siapa pun bisa mengajar, tapi tidak semua orang bisa menjadi guru. Guru adalah profesi mulia yang dididik secara khusus. Itu sebabnya guru menjadi panutan masyarakat, digugu dan ditiru oleh anak didiknya. Dengan demikian, guru menjadi sosok yang sangat berwibawa dalam mencerdaskan bangsanya. Itu semua tidak didapat dengan mudah. Ada caranya, ada ilmunya namanya Ilmu pendidikan. Menjadi guru …
Buku ini memaparkan dengan jelas dan gamblang cara belajar yang fun dan tidak membosankan. Bagaimana cara memahami keinginan otak agar belajar, mengingat lebih efektif, dan tidak cepat lupa. Mengungkapkan teknik-teknik efektif yang dapat membantu pembaca untuk menghafal informasi dengan cepat dan mudah. Dalam buku ini, penulis berbagi tujuh trik ampuh yang dapat digunakan dalam berbagai situasi…
Selama ini terbentuk kesan umum bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan juga menakutkan. Nyatanya memang demikian banyak sekali siswa yang tidak menyukainya. Padahal, sesungguhnya unsur-unsur matematika itu menyertai kita dalam kehidupan sehari-hari. Lalu mengapa matematika sampai begitu menakutkan? Boleh jadi karena cara pembelajarannya yang salah, tapi mungkin juga karena sen…
Manajemen Berbasis Madrasah merupakan salah satu wujud reformasi pendidikan yang memberikan otonomi Madrasah untuk mengatur kehidupan Madrasah, potensinya sesuai dengan kondisi. Madrasah mempunyai Full Authority and Responbility dalam menetapkan program pendidikan dan berbagai kebijakan Madrasah. Pengembangan kurikulum pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan, potensi dan kondisi daerah m…
Teachers will find this book helpful because of it locates convincing theoretical reasoning with the familiar practice of the learning environments of the secondary school. Many other learners, in formal education and beyond, might simply find the book an informative and challenging read.... The book provides more than a theoretical and ideological extension of a social constructivist of model …
Penelitian tindakan kelas merupakan penyelidikan secara sistematis dengan tujuan menginformasikan praktik pembelajaran dalam situasi tertentu. Penelitian tindakan kelas juga merupakan suatu cara bagi guru untuk menemukan apa yang terbaik di dalam situasi kelas mereka sendiri sehingga keputusan tentang proses pembelajaran dapat diambil dengan sebaik-baiknya. Penelitian tindakan kelas juga merupa…
Buku ini memberikan informasi kepada para pembaca tentang penggunaan humor dalam membantu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Selain materinya berupa kajian teoretis tentang pembelajaran yang menyenangkan melalui humor, juga didukung oleh hasil penelitian, yang disari dari tesis dan disertasi penulis. Menurut buku ini, salah satu bentuk interaksi dan komunikasi yang menyenangk…
Pengajar tugasnya adalah menyelenggarakan proses pembelajaran. Pembelajaran itu terselenggara dengan efektif bila sejak awal dirancang dengan balk, dengan mensinergikan berbagai potensi. Dengan kata lain mengajar itu harus pakai strategi. Dalam strategi ini pengajar membantu menumbuhkan dan mentransformasi positif sambil mengembangkan potensi-potensi kepribadian peserta didik. Faktor penentu …
Dalam setiap organisasi, peran leader menjadi faktor kunci. Pemimpin memiliki peran yang menentukan arah dan berjalan-nya organisasi menuju tujuan yang ditetapkan. Demikian pula halnya dalam sebuah satuan pendidikan. Peran pemimpin satuan pendidikan ibarat nakhoda kapal. Ia harus mampu mengendalikan jalannya kapal di lautan, baik saat laut tenang maupun dalam ge-lombang. SMA sebagai satuan pend…
Tanpa pendidikan, manusia tidak akan pernah berkembang dan berbudaya. Tanpa pendidikan, kehidupan manusia akan statis, tanpa ada kemajuan, bahkan bisa jadi akan mengalami kemunduran dan kepunahan. Karena itu, menjadi fakta yang tak terbantahkan apabila pendidikan adalah sesuatu yang niscaya dalam kehidupan manusia. Pendidikan juga merupakan tonggak dari peradaban manusia. Untuk mengimbangi pesa…
Metode pembelajaran adalah seperangkat komponen yang telah dikombinasikan secara optimal untuk kualitas pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, metode pembelajaran tidak dapat dilepaskan dari teori pembelajaran, yang menanyakan apakah metode yang akan digunakan dalam desain pembelajaran? Kapan akan digunakan? Jawabnya adalah metode dan situasi. Situasi pembelajaran, meliputi hasil dan kondisi pembe…
Dengan memahami buku ini, Anda akan banyak mendapat pengetahuan tentang bagaimana menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif, Model Pembelajaran berkonotasi sebagai suatu patron atau pola yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Apa isi model tersebut? Isinya tentu tidak lepas dari berbagai teori yang digunakan dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya berbagai teori yang ber…
Buku yang disusun ini mengambil judul "Pengembangan Model Pembelajaran (Andragogi) dan Pelatihan bagi Orang Dewasa", merupakan buku praktis pelengkap buku-buku lain bertema sejenis. Harapan penulis adalah buku ini dapat menjadi rujukan bagi fasilitator maupun widyaiswara pengampu pelatihan. Bahasan yang disajikan sedpat mungkin dibuat aplikable, agar mudah diaplikasikan dalam pelatihan. Uraia…
Dengan dikeluarkannya Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam No. E/52/1995 tentang Topik Intl Kurikulum Nasional Program Strata Satu (S1) IAIN pada tanggal 30 Mei 1995 di Jakarta dan diberlakukan bagi mahasiswa baru mulai Tahun Akademik 199511996. maka praktis seluruh IAIN dalam melaksanakan perkuliahannya harus berpedoman pada SK Dirjen tersebut. Buku Strategi Belajar Me…
Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakannya. oleh sebab itu, guru hams memikirkan dan membuat perencanaan sccara seksama dalam meningkatkan kesempatan belajar bagi siswanya dan memperbaiki kualitas mengajarnya. Hal ini menuntut perubahan dalam pengorganisasian kelas, penggunaan metode mengajar, strategi helajar mengajar, maupun…