Buku ini membahas ragam strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan Standar Proses Pendidikan yang berlaku di Indonesia, termasuk strategi ekspositori, inkuiri, berbasis masalah, kooperatif, dan kontekstual. Buku menyajikan teori, prinsip, serta contoh aplikasi strategi pembelajaran untuk membantu guru dalam memilih dan menerapkan strategi yang sesuai.
Keterampilan menulis masuk ke peringkat tinggi pada daftar tuntutan dunia nyata bagi semua siswa—termasuk siswa yang sedang belajar sains. Setiap disiplin ilmu sains menuntut para profesional dapat berkomunikasi dengan lancar melalui tulisan. Para ilmuwan harus mampu menjelaskan proposal studi penelitian mereka untuk dimintakan dana, melacak observasi dan hasilnya dalam catatan mereka sendiri…
Siapa pun bisa mengajar, tapi tidak semua orang bisa menjadi guru. Guru adalah profesi mulia yang dididik secara khusus. Itu sebabnya guru menjadi panutan masyarakat, digugu dan ditiru oleh anak didiknya. Dengan demikian, guru menjadi sosok yang sangat berwibawa dalam mencerdaskan bangsanya. Itu semua tidak didapat dengan mudah. Ada caranya, ada ilmunya namanya Ilmu pendidikan. Menjadi guru …
Buku Micro Teaching: Melatih Keterampilan Dasar Mengajar karya Dr. Hj. Helmiati, M.Ag membahas konsep micro teaching sebagai metode latihan bagi calon guru dalam mengembangkan keterampilan dasar mengajar. Buku ini menjelaskan berbagai aspek micro teaching, termasuk sejarah, tujuan, prinsip-prinsip, serta skenario pelaksanaannya dalam pendidikan. Penulis menguraikan keterampilan dasar mengaja…
Bila Anda seorang pengajar, apakah guru SD, ustadz, dosen, instruktur, atau apapun namanya, tentu Anda sering bertemu dengan masalah-rnasalah berikut: Apakah tes yang Anda berikan itu benar-benar mengevaluasi hasil pengajaran Anda? Mengapa siswa/mahasiswa yang tergolong cerdas, pintar, rajin, nilainya buruk, sedangkan yang tergolong bodoh dan malas nilainnya balk? Apakah cara Anda mengajar, soa…
Buku ini dirancang untuk para guru baru dan guru yang telah berpengalaman. Bentuknya berupa buku sumber yang berisi tips dan strategi yang mudah digunakan untuk menyelesaikan masalah sehar,i-hari yang dihadapi okh para guru ketika mengorganisasi dan mengelola kelas. Buku ini berisi saran, teknik, dan alat pembelajaran yang dapat dibuat ulang untuk membantu Anda menghemat waktu dan menangani mas…
Penelitian tindakan kelas merupakan penyelidikan secara sistematis dengan tujuan menginformasikan praktik pembelajaran dalam situasi tertentu. Penelitian tindakan kelas juga merupakan suatu cara bagi guru untuk menemukan apa yang terbaik di dalam situasi kelas mereka sendiri sehingga keputusan tentang proses pembelajaran dapat diambil dengan sebaik-baiknya. Penelitian tindakan kelas juga merupa…
Pengalaran yang Kreatif dan Menarik menawarkan strategi yang akin membantu guru baru dan guru lama menciptakan lingkungan kelas yang dinamis yang di kelas itu siswa menikmati pembelajaran dan guru menikmati pengajaran. Buku yang sangat bagus dan penting ini diisi dengan nasihat unik, daftar periksa, dan buku laporan siswa beserta • Rencana langkah demi langkah untuk membuat sukses minggu pert…
Buku ini menggunakan banyak contoh dan kasus pendek dari kehidupan pekerjaan para guru. Buku ini mendorong pendidik masa depan, termasuk Anda, ke dunia pengajaran melalui pemaduan contoh berharga dan kisah dunia nyata dengan banyak penerapan praktis. Buku ini mengantisipasi apa pertanyaan yang akan diajukan oleh guru masa depan mengenai sekolah dan siswa masa kini – di buku ini Anda akan mene…
Buku ini sebagian besar berisi pengalaman penulis dalam menjalani profesi sebagai guru. Penulis sudah tidak muda lagi pada saat berada di abad 21 sehingga banyak pengalaman di dunia pendidikan, dengan segala suka-dukanya yang penulis ungkapkan. Selain pengalaman penulis dalam mengajar, dalam buku ini penulis pun berbagi pengalaman menekuni profesi lain, yaitu sebagai penyiar radio swasta nasi…
Cabin fever merupakan gejala emosi atau perasaaan bosan yang muncul akibatterlalu lama diam di rumah, itulah yang dirasakan anak didik dalam sebuat tayangan video yang menangis berkepanjangan karena kangen dengan suasana sekolah, serta kangen bapak ibu guru. Peristiwa itu yang mendorong penulis membuat artikel Anak Masih Butuh Guru dan merupakan artikel pertama yang ditulis saat pandemi covid 1…
Program Teaching Factory adalah suatu konsep pembelajaran di SMK berbasis produksi/jasa yang mengacu kepada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri. Implementasi Teaching Factory di SMK dapat menjembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri dan kompetensi yang dihasilkan oleh sekolah. Sedangkan program Technopa…
Penelitian Tindakan merupakan penerapan penemuan fakta pada pemecahan masalah dalam situasi social dengan pandangan untuk meningkatkan kualitas tindakan yang dilakukan di dalamnya, yang melibatkan kolaborasi dan kerjasama para peneliti, praktisi dan orang awam. Penelitian Tindakan Kelas merupakan kemampuan melakukan penelitian sederhana dalam rangka peningkatan kualitas profesional guru, khusus…
Prasyarat utama yang harus dipenuhi bagi berlangsungnya pembela-jaran yang menjamin optimalisasi hasil pembelajaran ialah tersedianya guru dengan kualifikasi dan kompetensi yang mampu memenuhi tuntu-tan tugasnya. Mutu pendidikan pada hakikatnya adalah bagaimana memastikan bahwa pembelajaran yang dilakukan guru di kelas ber-langsung dengan balk dan bermutu. Jadi, mutu pendidikan ditentukan di da…
Kinerja guru di madrasah ditentukan oleh faktor supervisi kepala madrasah, pemahaman terhadap kurikulum serta iklim kerja yang tercipta di madrasah. Kinerja guru memengaruhi mutu madrasah. Mutu Madrasah Aliyah masih rendah sehingga terpinggirkan dibandingkan dengan lembaga pendidikan non Islam dan lembaga pendidikan yang dikelola Depdiknas/Dinas Pendidikan. Penelitian tentang supervisi kepala s…
Aktivitas pengajaran adalah sangat penting, sebab berkaitan dengan upaya mengubah, mengembangkan, dan mendewasakan peserta didik. Aktivitas pengajaran yang dikelola secara terprogram, teratur, dan mengikuti prinsip-prinsip pengelolaan serta kaidah-kaidah kepengajaran yang baik merupakan tuntutan yang semestinya terhadap pelaksanaan pengajaran.
Kreatifitas bukanlah sebuah kualitas istimewa mild< beberapa gelintir orang yang terpilih. Kreatifitas ada pada diri semua orang. Sekolah dan guru perlu mengadopsi dan mengaplikasikan sebuah pendekatan yang mendukung perkembangan kreatifitas jika hendak mendidik siswa menjadi anak-anak kreatif. Karena, reatifitas sangat penting bagi perkembangan semua anak. Kualitas ini merupakan kandungan vita…
Dalam buku klasik ini, balk mahasiswa kependidikan/calon guru dan guru yang berpengalaman meneliti pendekatan-pendekatan yang telah dikembangkan dengan balk untuk pengajaran, berlandaskan riset dan pengalaman serta terbukti menghasilkan pembelajaran yang sangat balk. Metode-metode instruksional yang disajikan sangat penting untuk menjalankan standar pengajaran nasional. Bagi para guru, buku ini…