Buku Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik membahas secara komprehensif gagasan pembelajaran kooperatif (cooperative learning), mulai dari landasan teoritis, hasil-hasil penelitian hingga pedoman praktik penerapannya di kelas. Buku ini menguraikan syarat-syarat agar pembelajaran kooperatif berjalan efektif, seperti struktur tugas yang jelas, tanggung jawab individu dalam kelompok, inte…
Buku ini berisi sejumlah gagasan yang dihasilkan dari diskusi dengan para guru dari Amerika Serikat dan Kanada. Pengalaman para guru diuji dan dirumuskan menjadi sebuah modul pembelajaran. Setelah matang menjadi sebuah naskah, kemudian dijadikan bahan praktik pembelajaran, dan beberapa tahun selanjutnya diyakini banyak guru berhasil menjadikannya sebuah pola praktis untuk modul bimbingan. Terba…
Buku ini mengenai bagaimana mempengaruhi sikap siswa terhadap belajar supaya menjadi positif atau supaya tetap positif. Banyak faktor yang mempengaruhi sikap siswa terhadap belajar. Di luar sekolah, misalnya orang tua, teman beramian, tetangga yang galak, koran, televisi. Di dalam lingkungan sekolah seperti kelas yang penuh sesak, bahan dan perlengkapan pengajaran, lokasi sekolah, peraturan sek…
Buku ini membahas desain pembelajaran dari teori, sejarah dan aplikasi. Kelebihan buku ini mengupas bagaimana guru dan dosen mendesain pembelajaran berdasarkan KTSP.
Daftar Isi :rn- Pendahuluanrn- Transformasi Pendidikan dan Globalisasirn- Nilai-nilai Gotong Royong dalam Budaya Indonesiarn- Model Pembelajaran Gotong Royongrn- Lima Unsur Model Pembelajaran Gotong Royongrn- Pengelolaan Kelas Gotong Royongrn- Metode-metode Gotong Royongrn- Model Evaluasi Belajar Gotong Royong
Ternyata, orang-orang yang pernah dicap gagal di sekolah bisa menjadi tokoh termasyur dunia. Sesuai pendapat Dr. Kazuo Murakami, ini membuktikan bahwa setiap orang punya gen-gen positif yang 90-95% di antaranya tertidur. Cocoknya stimulasi dengan gaya belajar (learning styles) masing-masing orang akan membangunkan gen-gen yang masih tertidur.rnBerdasarkan pengalaman bertahun-tahun menerapkan pr…
Inilah buku yang menunjukkan perkembangan paling mutakhir soal kegiatan belajar-mengajar. Setelah para pendidik mengalami masa-masa yang heboh dengan munculnya banyak sekali metode dan pendekatan belajar kini tiba saatnya kita memerhatikan dengan saksama Contextual Teaching and Learnign (CTL). CTL adalah sebuah sistem belajar yang didasarkan pada filosofi bahwa seorang pembelajar akan mau dan m…
Buku ini memaparkan dengan jelas dan gamblang cara belajar yang fun dan tidak membosankan. Bagaimana cara memahami keinginan otak agar belajar, mengingat lebih efektif, dan tidak cepat lupa. Mengungkapkan teknik-teknik efektif yang dapat membantu pembaca untuk menghafal informasi dengan cepat dan mudah. Dalam buku ini, penulis berbagi tujuh trik ampuh yang dapat digunakan dalam berbagai situasi…