Buku ini membahas antara lain mengenai fungsi evaluasi daam pendidikan, langkah-langkah pokok dalam evaluasi, perencanaan penyususnan program evaluasi, perencanaan persiapan khusus untuk suatu tindak evaluasi, teknik-teknik pengumpulan data, penelitian pengolahan serta penafsiran data,
Buku ini menjelaskan prinsip-prinsip dasar penilaian dalam pendidikan dengan cara memberikan contoh dan petunjuk praktis seperti pada penyusunan soal, dan aplikasi teori validitas dan reliabilitas. Namun dalam pembahasannya lebih banyak berisi petunjuk prkatis sehingga mudah dipahami oleh pembaca.
Buku ini berisi antara lain tentang : Analisa hasil test, Analisa data dengan pengukuran tendensi sentral, Analisa data dengan pengukuran variabilitas, dst...
Kegiatan evaluasi program merupakan salah satu pilar penting yang tidak dapat diabaikan dalam penyelenggaraan program pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat.Evaluasi program yang terencana baik akan memberikan dampak bagi penguatan dan pengembangan program.
Buku Improving Schools and Inspection: The Self-Inspecting School karya Neil Ferguson membahas hubungan antara inspeksi sekolah dan peningkatan kualitas pendidikan. Buku ini mengeksplorasi bagaimana kepala sekolah telah memanfaatkan laporan inspeksi sebagai alat untuk meningkatkan mutu sekolah secara nyata. Melalui kajian perbandingan dengan sistem self-review sekolah di Australia, buku ini …
Siapa pun bisa mengajar, tapi tidak semua orang bisa menjadi guru. Guru adalah profesi mulia yang dididik secara khusus. Itu sebabnya guru menjadi panutan masyarakat, digugu dan ditiru oleh anak didiknya. Dengan demikian, guru menjadi sosok yang sangat berwibawa dalam mencerdaskan bangsanya. Itu semua tidak didapat dengan mudah. Ada caranya, ada ilmunya namanya Ilmu pendidikan. Menjadi guru …