Media pembelajaran adaptif pada intinya adalah modifikasi alat/media, yang bertujuan untuk memberi peluang kepada ABK dalam mengikuti program pembelajaran dengan tepat, efektif serta mencapai kepuasan. Prinsip utama dalam modifikasi media pembelajaran adalah penyesuaian aktivitas yang disesuaikan dengan potensi ABK dalam melakukan aktivitas tersebut.
Buku ini merupakan panduan bagi guru, orang tua, dan masyarakat yang ingin mengenal lebih jauh tentang anak berkebutuhan khusus dengan hambatan penglihatan atau tunanetra. Memberikan penjelasan tentang kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dan layanan pendiikan yang perludiberikan kepadanya agar label tunanetra yang selama ini melekat sebagai orang yang perlu dikasihani dan dibantu perlahan hilang.
Buku ini disusun dengan harapan dapat dijadikan sebagai bahan bacaan agar guru memahami tentang pendidikan kepramukaan pada pendidikan khusus, memahami tahapan penyelenggaraan gugus depan baiks ecara organisasi maupun pengelolaan satuan, menumbuhkan kreativitas kegiatan pembinaan pendidikan kepramukaan pada satuan pendidikan khusus, memahami penerapan prinsip dasar dan metoda pendidikan kepramu…
Orientasi dan mobilitas merupakan hal yang sangat penting bagi peningkatan dan pengembangan motorik siswa, yang dalam prakteknya sehari-haribisa terintegrasi dalam semua mata pelajaran, maupun secara khusus dalam pelajaran orientasi dan mobilitas yang pada akhirnya siswa dapat hidup mandiri. Sehubungan hal tersebut maka buku ini diharapkan dapat menjadi panduan, pengalaman dan pengetahuan para …
Bina gerak adalah segala usaha yang bertujuan untuk mengubah memperbaiki dan membentuk pola gerak yang mendekati pola gerak normal. Bina gerak merupakan suatu upaya pendidikan dalam bentuk kegiatan, pengembangan dan latihan dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap bagi anak yang mengalami gangguan motorik untuk membina gerakannya dalam melakukan aktivitas hidup sehari-hari.
Semua anak di Indonesia memiliki hak yang sama untuk memperoleh akses pendidikan yang bermutu. Pendidikan inklusif ramah anak diyakini sebagai sebuah cara untuk memberikan akses yang sama kepada semua anak termasuk anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu. Beberapa landasan dan legal framework pelaksanaan pendidikan inklusif sudah sangat cukup dan kuat,namun perlu dila…
SLB sebagai bagian dalam system tatanan persekolahan memiliki arti penting dalam megnebmangkan peran dan fungsinya melakukan proses layanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. Makna perubahan paradigma layanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus dan tuntutan layanan kualitas pendidikan melalui keberagaman dan keramahan sekolah memerlukan dukungan dan support sistem dari SLB
Buku ini disusun dalam upaya memberikan pemahaman bagi guru pendidikan luar biasa khususnya dan masyarakat pada umumnya dalam memahami pelayanan pendidikan bagi anak tunagrahita, bahwa tidak sama dengan pelayanan pendidikan pada sekolah umum/kejuruan. Buku ini juga disusun sebagai alternatif dalam memberikan teknik pembelajaran anak tunagrahita secara benar dan bermakna.
Buku ini menguraikan secara rinci mengenai profil anak berkebutuhan khusus yang memiliki hambatan pendengaran dan layanan pendidikannya.