Buku ini berbicara lugas tentang metodologi penelitian bagi anak usia dini dalam tiga bagian. Bagian awal menyajikan pengantar peneltiian pendidikan secara umum, di bagian kedua: pengantar penelitian kelas dan langkah demi langkah penyusunan proposal penelitian. Bagian ketiga sebagai penutup: aplikasi penelitian tindakan kelas dan bagaimana menyusun laporan hasil penelitian.
Semasa mahasiswa penulis merasa kecewa, frustasi karena gagal memperoleh bahan-bahan, suasana dan kesempatan yang memadai untuk mengasah kepandaian dalam penelitian pada umumnya dan penelitian kepustakaan khususnya. Sampai sejauh ini pun tidak ada yang menaruh perhatian secara khusus pada metodologi penelitian kepusatkaan. Oleh karena itu buku ini ditulis sebagai bagian dari upaya untuk menjawa…
Buku ini terdiri dari dua bagian, yaitu: bagian pertama berisi tnetang penelitian pendidikan, yang meliputi: konspsi penelitian pendidikan, desain penelitian, instrumen penelitian dan laporan penelitian. Sedangkan bagian kedua berisi tentang statistik pendidikan yang meliputi: pendahuluan, penyajian data, distribusi frekuensi, ukuran tendensi pusat, ukuran letak untuk data kuantitatif, dispersi…
Melalui tulisan ini pembaca akan memperoleh gambaran tentang lingkup sasaran yang perlu dicakup dalam kegiatan penelitian dan penilaian, konsep-konsep penelitian dan penilaian yang telah dikembangkan selama ini, serta ketentuan-ketentuan teknis yang perlu diikuti dalam praktek penelitian dan penilaian. Buku ini menyajikan pembahasan yang seimbang antara gagasan-gagasan yang bersifat konsepsiona…
Karya seminal yang membahas secara mendalam tentang paradigma, metode, dan teknik penelitian kualitatif. Buku ini menjelaskan konsep-konsep dasar penelitian kualitatif, seperti fenomenologi, etnografi, studi kasus, grounded theory, dan pendekatan interpretatif. Penulis juga membahas langkah-langkah penelitian kualitatif, mulai dari perumusan masalah, pengumpulan data melalui wawancara, observas…
Secara umum terdapat dua metode dalam penelitian, yaitu metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif. Masing-masing metode memiliki keunggulan dan kelemahan namun keberadaannya saling melengkapi. Metode penelitian kuantitaif lebih cocok digunakan untuk meneliti permasalahan yang sudah jelas, dengan data yang teramati dan terukur, dan so peneliti bermaksud menguji hipotesis dan…
Buku Pengantar Penelitian dalam Pendidikan karya Arief Furchan merupakan panduan komprehensif bagi mahasiswa, pendidik, dan peneliti yang ingin memahami metodologi penelitian dalam konteks pendidikan. Buku ini membahas berbagai aspek penelitian, mulai dari perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pemilihan metode penelitian, pengumpulan data, hingga analisis dan interpretasi hasil penelitian. P…