Text
Good business : bisnis sebagai jalan kebahagiaan
Bisakah manusia menemukan kebahagiaan dalam bisnis? Mungkin lebih banyak orang yang menjawab: tidak, jika melihat persaingan yang amat keras - dan sering tak mengindahkan etika - tuntutan target, situasi ekonomi yang sukar diprediksi, dan hal-hal lain dalam bisnis. Lebih kerap bisnis diperlakukan sebagai alat pencari kekayaan, dan dengan kekayaan itulah orang-orang berusaha menemukan kebahagiaan. Namun, penelitian Mihaly Csikszentmihalyi - psikolog pakar kebahagiaan yagn mencetuskan konsep flow - menmbantah anggapan ini. Para pebisnis sukses yang diwawancarainya menemukan kebahagiaan saat menjalankan bisnis. Mereka dalam berbisnis umumnya memiliki tujuan luhur, melebihi sekadar mencari keuntungan. Mihaly menyebut mereka sebagai 'pemimpin visioner'. Mereka menyadari bahwa tujuan itulah visi dan 'ruh' perusahaan mereka dan menjadi salah satu faktor kesuksesan mereka. Buku ini menunjukkan cara-cara para pemimpin bisnis, manajer, dan bahkan pegawai dapat menemukan kebahagiaan dalam kerja mereka - bukan sekadar kebahagiaan mereka sendiri, tapi juga berkontribusi bagi kebahagiaan orang lain. Pengarang mengidentifikasi faktor-faktor penting yang membuat sebuah bisnis dapat dikatakan sebagai sebenar-benarnya bisnis yang baik (good business). Buku ini diperkaya dengan kisah-kisah pebisnis visioner seperti Anita Roddick (CEO Body Shop), Jack Greenberg (CEO McDonald's), Masaru Ibuka (pendiri Sony), dan lain-lain yang memberi inspirasi dalam mewujudkan bisnis yang membawa kesejahteraan materiil maupun spiritual.
Tidak tersedia versi lain